Berita & Update

Kegiatan Pembekalan Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Semarang Angkatan I Tahun 2022


Publikasi : Berita, Bidang 4 di Kota Semarang, 18 February 2022

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang merupakan lembaga yang mempunyai tugas pokok membantu Walikota dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang kepegawaian, salah satunya meningkatkan kinerja dan kualitas aparatur Pemerintah Kota Semarang.

Dalam rangka mewujudkan Aparatur yang berintegritas, profesional, disiplin dan bermartabat, pada tanggal 16 Februari s.d 17 Februari 2022 Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang telah melaksanakan Kegiatan Pembekalan Peningkatan Disiplin Angkatan I bagi Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang di Hotel Gracia Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran disiplin dan memberikan pengetahuan serta pemahaman yang sama bagi Lurah selaku Pejabat Struktural tentang peraturan terkait Disiplin PNS yaitu Peraturan Pemerintah Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS, Pemerintah Nomor 79 Tahun 2021 tentang Upaya Administrasi dan Badan Pertimbangan ASN, Peraturan Pemerintah Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 jo Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1990 Tentang Ijin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil, tata cara pemeriksaan dan membuat BAP sampai dengan pemberian hukuman disiplin sesuai kewenangannya apabila ada bawahannya melakukan pelanggaran disiplin, Peraturan Walikota Semarang Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang Peraturan Walikota Semarang Nomor 40 Tahun 2020 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang, dan Peraturan yang mengatur Cuti PNS.

Pada kegiatan tersebut hadir Walikota Semarang Dr. HENDRAR PRIHADI, SE.MM dan memberikan pengarahan kepada para peserta, Pembekalan dan Peningkatan Disiplin, Bapak walikota menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan ini adalah ikhtiar kita bersama membangun pemerintahan yang cerdas dan berintegritas. Lurah adalah garda terdepan pelayanan pada masyarakat. Lurah hebat harus lebih responsif terhadap keluhan atau masukan dari masyarakat. Kecepatan eksekusi merupakan kondisi yang harus dipenuhi. konsep pembangunan Bergerak Bersama menjadi sebuah kekuatan di dalam membawa kemajuan untuk kota Semarang. Termasuk melalui Musrenbang yang sudah dimulai, jadikan sebagai momen untuk berembug, menyerap kebutuhan dan aspirasi masyarakat untuk merencanakan pembangunan yang lebih baik di Kota Semarang. Dalam pelaksanaan pembangunan, silakan berkreasi sesuai kebutuhan. Boleh meniru inovasi wilayah lain yang memang cocok dan harus disesuaikan, dipastikan kemanfaatannya untuk diterapkan. Pembangunan kota Semarang adalah tanggung jawab bersama, sehingga komunikasi dan sinergi antar OPD, antar wilayah jadi kata kunci. Dalam pengarahan tersebut Bapak Walikota Semarang juga mengharapkan para Lurah memahami betul peraturan-peraturan yang ada sebagai pedoman dan pijakan dalam setiap keputusan dan kegiatan pembekalan ini semakin menjadikan Lurah Hebat dapat menginspirasi, menjadi teladan sebagai perwakilan Pemkot Semarang di tengah warga masyarakat.

Narasumber pada kegiatan pembekalan peningkatan disiplin angkatan I adalah dari Badan Kepegawaian daerah Provinsi jawa tengah, dari Inspektorat Kota Semarang dan dari Badan kepegawaian pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang.