Post

Pembekalan Peningkatan Disiplin PNS Tahun 2017



Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang merupakan salah satu lembaga teknis daerah yang mempunyai tugas pokok membantu Walikota  dalam penyelenggaraan  Pemerintah Daerah di bidang kepegawaian, salah satunya meningkatkan kinerja dan kualitas aparatur Pemerintah Kota Semarang.

Pembangunan sektor Aparatur ditujukkan pada upaya untuk mewujudkan sosok birokrasi  yang profesional, dan berkewajiban memberikan informasi secara terbuka dan akuntabel kepada publik. Keterbukaan informasi merupakan fondasi dalam membangun tata Pemerintahan yang baik (Good Governance). Untuk mewujudkan Good Governance, PNS sebagai unsur Aparatur Negara dituntut untuk setia kepada Pancasila,UU 1945, NKRI dan Pemerintah, bersikap jujur, adil, transparan dan akuntabel dalam melaksanakan tugas serta disiplin.

Untuk menumbuhkan sikap disiplin pada Pegawai Negeri Sipil, telah ditetapkan adanya Peraturan Pemerintah mengenai disiplin Pegawai Negeri Sipil  yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 sebagai pengganti  Peraturan  Pemerintah  Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan disiplin Pegawai Negeri Sipil  yang sudah tidak sesuai lagi dengan situasi dan kondisi saat ini.

Adanya Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil  tersebut dimaksudkan sebagai Pedoman dalam menegakkan Disiplin sehingga menjamin terpeliharanya tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas serta mendorong Pegawai Negeri Sipil untuk lebih produktif berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja.

Salah satu upaya Pemerintah Kota Semarang untuk meningkatkan Pengetahuan tentang aturan disiplin PNS, Badan kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang telah menyelenggarakan pembekalan peningkatan disiplin PNS sebanyak 3 (tiga) angkatan pada tahun 2017.

Angkatan 1

Hari
:
Rabu – Kamis
Tanggal
:
22 – 23 Maret 201
Tempat
:
Ruang Komisi A – B Gedung Moch Ichsan Lt 8
JL. Pemuda No 148 Semarang
Peserta
:
50 ( Lima Puluh ) orang Kepala SD Negeri

Angkatan 2

Hari
:
Rabu – Kamis
Tanggal
:
19 – 20 April 2017
Tempat
:
Ruang Komisi A- B Gedung Moch Ichsan Lt 8
JL. Pemuda No 148 Semarang
Peserta
:
50 ( Lima Puluh ) orang Kepala SD Negeri

Angkatan 3

Hari
:
Selasa-Rabu
Tanggal
:
09 – 10 Mei 2017
Tempat
:
Ruang Komisi A – B Gedung Moch Ichsan Lt 8
JL. Pemuda No 148 Semarang.
Peserta
:
50 ( Lima Puluh ) orang yang terdiri dari 34 (tiga puluh empat) Kepala SD Negeri 16 (enambelas) Kasubag Umum Kepegawaian/Kasubag TU yang belum pernah mengikuti kegiatan ini


Narasumber pada kegiatan pembekalan peningkatan disiplin PNS yaitu Anggota Komisi A DPRD Kota Semarang, Kepala BKD, Tim dari BKD Provinsi Jateng, dan Kabid Administrasi Pegawai (Plt. Kabid Kesejahteraan Disiplin pada BKD Kota Semarang). Materi yang disampaikan pada Kegiatan Pembekalan peningkatan disiplin PNS adalah Peningkatan Disiplin PNS, PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil, tata cara Pemeriksaan dan Pembuatan BAP, PP 10 Tahun 1983 jo PP No. 41/1990 tentang Ijin Perkawinan dan Perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil, Kebijakan manajemen Kepegawaian Pemerintah Kota Semarang, Pembuatan SK Hukuman Disiplin, dan penindakan Pegawai

Pada umumnya pelaksanaan Kegiatan Pembekalan Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta pembekalan dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan selesainya kegiatan ini serta terpenuhinya sarana dan prasarana pendukung maupun akomodasi yang memadai. Selain itu para narasumber cukup komunikatif dan profesional dalam menyampaikan materi.

Dengan terlaksananya Pembekalan Peningkatan Disiplin ini diharapkan adanya pemahaman dan pengetahuan yang sama bagi para Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Kasubag. Umum dan Kepegawaian serta berkurangnya tingkat pelanggaran disiplin di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang, terhadap materi Pembekalan Peningkatan Disiplin dan dapat menerapkan serta mensosialisasikan kepada pegawai di satuan kerjanya.

Posted in Berita, Bidang 4 on May 24, 2017

Twitter