Post

Motivation Achievment


Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang merupakan salah satu lembaga teknis daerah yang mempunyai tugas pokok dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang kepegawaian, salah satunya adalah pengembangan dan pembinaan aparatur pada peningkatan manajemen kepegawaian Pemerintah Kota Semarang. Sebagai upaya dalam mewujudkan Aparatur Sipil Negara sebagai bagian peningkatan manajemen kepegawaian, perlu ditetapkan Aparatur Sipil Negara sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya dalam pelaksanaan manajemen kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Di dalam pemerintahan pengembangan aparatur pemerintahan juga penting untuk meningkatkan performa aparatur dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara, dan juga regulasi dan deregulasi kebijakan pemerintahan. Dalam konteks pembangunan secara keseluruhan pun upaya pengembangan kapasitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Dengan kata lain tidak mungkin terjadi suatu proses pembangunan/pengembangan dalam hal apapapun tanpa upaya pengembangan kapasitas bagi pelaku maupun juga sistem yang mengaturnya. Motivasi dalam diri aparatur kepegawaian juga sangat dibutuhkan dalam hubungannya dengan pengembangan karir dan prestasi.

Oleh karena itu, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang sebagai organisasi perangkat daerah yang mempunyai kewenangan dalam hal kepegawaian, menganggap perlu untuk melakukan upaya-upaya untuk pengelolaan kepegawaian. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan Motivation Achievement bagi Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Perangkat Daerah se-Kota Semarang serta Pengelola Kepegawaian.


Adapun dasar hukum penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara ;
  2. Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah ;
  3. Peraturan Daerah Kota Semarang No.16 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Semarang Tahun Anggaran 2017 ;
  4. Peraturan Daerah Kota Semarang No. 14 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Semarang ;
  5. Peraturan Walikota Semarang No. 129 tahun 2016 tentang Penjabaran APBD Kota Semarang tahun 2017 ;
  6. Peraturan Walikota No. 87 tahun 2016 tentang kedudukan susunan organisasi tugas dan fungsi serta tata kerja Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang.


Adapun maksud kegiatan ini adalah dalam rangka pengembangan motivasi dan budaya kerja untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian di Kota Semarang.  Dan Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Meningkatkan semangat kerja dan motivasi kerja pengelola kepegawaian;
  2. Perubahan mindset pengelola kepegawaian;
  3. Meningkatkan kinerja ASN pengelola kepegawaian;
  4. Menjadi “agen perubahan” (change agent) yang efektif dan efisien di lingkungan unit kerja masing-masing


Kegiatan Motivation Achievement ini dilaksanakan di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta Jl. Babarsari, Yogyakarta pada tanggal 28-29 Juli 2017, dengan peserta kegiatan merupakan Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Perangkat Daerah (PD) dan atau pengelola kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kota Semarang dengan total peserta 133 orang  yang didampingi 13 orang pendamping dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang sejumlah 13 orang petugas pendamping.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan diisi dengan pemberian motivasi oleh motivator yang diselingi dengan beberapa Roleplay/game, dan Aplikasi/Prakteknya dalam instansi pemerintahan serta peningkatan kesehatan jasmiani. Hal ini dimaksudkan agar pada akhir kegiatan ini para peserta dapat termotivasi dan mengaplikasikannya dalam kinerjanya.

Secara umum kesimpulan dari kegiatan Motivation Achievement yang merupakan kegiatan sejenis capacity building ini memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja para pengelola kepegawaian dari masing-masing instansi. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan prestasi di bidang kepegawaian yang ditandai dengan diperolehnya BKN Award oleh Pemerintah Kota Semarang di Tahun 2017.


Adapun saran untuk penyempurnaan kegiatan di tahun mendatang adalah:

  1. Menerapkan konsep-konsep yang lebih menarik perhatian dari para pengelola kepegawaian, sehingga peserta merasa senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan
  2. Menyediakan tempat pelaksanaan yang berbeda dan lebih menarik serta terdapat best practice yang dapat dijadikan contoh.


Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan Terciptanya keseragaman pemahaman dan koordinasi yang baik disertai dengan semangat kerja serta efisiensi dan efektifitas kerja yang tinggi guna menghasilkan peningkatan produktivitas aparatur yang cepat dan akurat.

Posted in Berita, Sekretariat on Aug 21, 2017

Twitter